Sabtu, 29 Februari 2020

KKP: Penumpang dan kru kapal mv coral adventure negatif virus corona

spielkontogtdgw.blogspot.com - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang memberikan laporan jika hasil dari kontrol suhu badan dan kesehatan 47 penumpang serta 35 crew kapal pesiar MV Coral Adventure yang berlabuh di perairan Tablolong, Kabupaten Kupang disebut bebas dari virus corona atau negatif Covid-19. 

Hasil kontrol suhu badan beberapa penumpang kapal serta krunya negatif virus corona atau semacamnya. Suhu badan baik penumpang serta crew ada di suhu normal semua," kata Kepala Sub Sisi Tata Usaha Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kupang Hengki Yanres Jezua, pada ANTARA di Kupang, selesai lakukan kontrol suhu badan beberapa penumpang serta crew kapal di Kupang, Sabtu. 

Dia menerangkan jika proses kontrol kesehatan atau suhu badan beberapa penumpang serta crew kapal telah dikerjakan sesuai mekanisme serta UU karantina no 6 tahun 2018. Disamping itu kontrol seperti dokumen punya penumpang diketahui penuhi ketentuan.' 

Berdasar hasil kontrol itu katanya, faksi KKP Kelas III Kupang selanjutnya keluarkan surat izin karantina kesehatan pada penumpang kapal itu. 

"DIkeluarkannya izin karantina kesehatan itu sebab tidak diketemukan terdapatnya beberapa gejala yang seperti seperti corona virus yang saat ini santer berlangsung di di penjuru dunia," lebih ia. 

Tapi meskipun telah ada izin karatina kesehatan, faksinya masih memberi catatan baik itu buat KKP sendiri serta lembaga berkaitan menjadi perhatian untuk masih memonitor ke mana arah kapal itu. 

Ini dibutuhkan sebab lanjut Hengki waktu inkubasi corona virus itu ialah 14 hari, hingga meskipun telah dipastikan sehat sesuai dengan hasil kontrol kesehatan oleh KKP tetapi selama 14 hari itu selalu diawasi. 

"Kami tetap awasi terus ke mana kapal ini pergi. Nah sepanjang 14 hari itu proses kontrol selalu dikerjakan untuk pastikan jika mereka (penumpang kapal serta crew, red) aman dari virus corona," tambahnya. 

KKP: Penumpang dan kru kapal mv coral adventure negatif virus corona
Team kombinasi yang terbagi dalam Kantor Kesyabandaran serta Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kupang, Imigrasi, dan Bea Cukai diantar memakai skoci kapal pesiar MV Coral Adventure selesai lakukan kontrol dokumen serta kelengkapan kapal serta penumpang kapal di perairan Kabupaten Kupang, NTT Sabtu (29/2/2020). ANTARA/Kornelis Kaha.

Dia memperjelas warga tidak butuh cemas bila ada kapal wisata yang hadir serta berlabuh di perairan NTT terutamanya di kota Kupang, sebab memang benar ada mekanisme, ada tata seperti yang akan dikerjakan saat kapal itu masuk ke perairan itu. 

"Jadi saat diketemukan beberapa gejala virus corona atau semacamnya, tentu saja akan ada beberapa tindakan spesial yang akan kami kerjakan seperti masuk karantina serta jalani waktu obeservasi," katanya. 

Malah katanya ada pula yang kadang menakut-nakuti orang lain, walau sebenarnya tak perlu terlalu berlebih untuk cemas atau cemas dengan hal itu. 

Selain itu Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Pengamanan, serta Patroli Kantor Kesyabandaran serta Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kupang Azwar Anas waktu berpatroli memakai kapal KNP.340 menjelaskan jika pengawasan pada kapal asing yang masuk terus dikerjakan. 

Untuk kontrol pada kapal MV Coral Adventure, semua lembaga berkaitan terjebak, sesuai tupoksinya semasing, seperti KSOP mengecek kelengkapan dokumen kapal, selanjutnya imigrasi mengecek dokumen penumpang, lantas Bea Cukai, TNI AL dan faksi karantina yang mengecek kesehatan penumpang kapal. 

"Untuk setelah itu kapal MV Coral Adventure ini akan kembali berlayar ke Lamalera, Kabupaten Lembata, untuk berekreasi di wilayah itu," lebih ia.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Hak Cipta @ spielkontogtdgw. Diberdayakan oleh Blogger.